Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Tahun 2019

Diposting pada

Selamat berkunjung kembali rekan postedukasi.com. Melalui siaran pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) tanggal 30 Juli 2019, Pemerintah telah mengumumkan secara resmi Jadwal Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK atau P3K pada Tahun 2019.

Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Tahun 2019

Berikut Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Tahun 2019

Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah diumumkan oleh pemerintah, yang diagendakan pada Oktober 2019. Bima Haria Wibisana, yang merupakan Kepala BKN memprediksi peserta seleksi CPNS dan PPPK (P3K) Tahun 2019 ini akan mencapai 5,5 juta.

Bima Haria Wibisana juga telah menginformasikan pada pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 total pelamar mencapai 3.636.251 juta. Dengan rincian jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791.

Selanjutnya formasi CPNS 2018 Provinsi Papua diberikan sebanyak 12.831 dan Provinsi Papua Barat sejumlah 6.208. Dan sementara untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahap Pertama sejumlah 51.293 peserta melampaui passing grade.

Artikel Terkait
Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS 2019-2020

Prioritas guru dan dosen Formasi P3K Tahap Pertama ini dibuka khusus bagi tenaga honorer dengan jabatan Guru, Tenaga Kesehatan, Dosen dan Tenaga Kependidikan PTN baru, serta Penyuluh Pertanian. Dan rencananya, seleksi PPPK Tahap II akan dibuka pada Agustus nanti, sementara CPNS 2019 menyusul setelahnya pada Oktober.

Ketua Pelaksana Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) menyampaikan sejumlah kendala yang dialami pelamar CPNS 2018 dan sekiranya harus diperhatikan oleh para pelamar CPNS dan PPPK Tahun 2019. Supaya tidak terjadi kesalahan seperti sebelumnya, berikut beberapa permasalahan yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi, yang di antaranya;

  • Database kependudukan yang tidak update. Dikarenakan pelamar kesulitan dalam melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat.
  • Sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan.
  • KTP yang diunggah pelamar tidak jelas atau bukan KTP asli.
  • Sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap.

Imbauan BKN, Pelamar Pilih Antara Seleksi CPNS atau PPPK

Untuk rencana pelaksanaan seleksi ASN pada Oktober 2019 akan dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi CPNS dan P3K Tahap Kedua. Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 yang mencakup 100 ribu ribu formasi CPNS dan 100 ribu formasi P3K Tahap Kedua, dan sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi P3K Tahap Pertama.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya belum mengetahui apakah masyarakat bisa mendaftar pada kedua program tersebut. Namun, ia mengimbau calon peserta untuk fokus mengikuti salah satu di antaranya saja karena materi soal dan sistematikanya berbeda.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) saat ini masih merumuskan jumlah formasi akhir yang akan dibuka pada dua seleksi tersebut. Menurut data BKN, masih ada sekitar 30 persen Pemerintah Daerah yang belum menyerahkan data formasi akhir.

Sebagaimana yang telah admin postingkan informasi seputar Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Tahun 2019 dari berbagai sumber, bilamana anda akan mengikuti pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK (P3K) harap diperhatikan kembali dalam mempersiapkan persyaratan administrasi yang lengkap. Seperti yang diberitahukan admin dalam poastingan ini, yakni ; KK yang terupdate, KTP asli yang terupdate, Ijazah yang sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan, dan sejumlah dokumen pendukung lainnya.

Apabila ada kesalahan, contohnya Database kependudukan baik itu Kartu Keluarga maupun Kartu Tanda Pengenal seperti NIK yang tidak valid, harap secepatnya anda memperbaikinya Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Admin doakan semoga anda yang akan mengikuti seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2019 ini diberikan kelancaran, amiin.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *